Minggu, 23 Februari 2014

Tips: Cara Membersihkan Layar Touch Screen Smartphone dengan Benar

Kali ini, Dunia Laptop & Smartphone akan membagi tips bagaimana cara membersihkan layar Smartphone atau tablet dengan teknologi touch screen dengan baik dan benar.
Membersihkan layar tablet atau smartphone touch screen sebenarnya adalah hal yang sederhana dan mudah.
Namun, jika Anda membersihkan layar touchscreen secara asal-asalan, bisa jadi hal itu akan merusak layar touch screen Anda. Karena itulah, Anda akan tahu yang mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.


Hal-hal yang bisa merusak layar sentuh / touch screen diantaranya :
  • Penggunaan Bahan Kimia
    Sebaiknya jangan menggunakan bahan kimia apapun untuk membersihkan layar touch screen, termasuk windex, ammonia atau pembersih yang mengandung alkohol. Apabila Anda akan menggunakan cairan pembersih, jangan menggunakannya dalam takaran yang banyak, gunakan sedikit saja.
  • Kain yang kurang tepat
    Jangan pernah menggunakan tissue, kain abrasive ataupun paper towels, karena bisa mengakibatkan layar tergores. Bahan yang tepat adalah kain microfiber, karena jenis kain tersebut cocok digunakan pada permukaan layar yang tergolong sensitif.
  • Terkena air
    Jangan meneteskan air (walaupun hanya sedikit) pada layar secara langsung, usahakan jika Anda akan membersihkan layar gunakan kain microfiber yang sedikit basah.
  • Menekan layar
    Dan yang terakhir, jangan pernah menekan layar terlalu keras, karena jika terlalu sering kamu melakukan hal tersebut akan merusak layar itu sendiri.
Beberapa peringatan di atas berlaku jika Anda tidak memiliki pelindung layar (screen guard), namun jika Anda sudah memasangkannya maka hal tersebut tidak akan menjadi masalah yang serius.
Kemudian setelah Anda tahu hal-hal yang harus dihindari, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan yaitu dapatkan kain microfiber. Tahukah Anda apa kain microfiber itu? Kain microfiber adalah kain yang bisa kamu dapatkan saat kamu membeli kacamata atau alat lainnya. Dengan menggunakan kain tersebut, layar touch screen Anda tidak akan rusak, karena kain tersebut mengandung serat yang sangat kecil.

Setelah Anda mendapatkan kain yang tepat, sekarang Anda juga harus tahu bagaimana cara yang aman untuk membersihkan layar touch screen. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Yang pertama kali harus dilakukan yaitu matikan terlebih dahulu tablet atau smartphone kamu.
  2. Usap layar dengan kain microfiber dengan satu arah, baik secara horizontal ataupun vertikal. Ingat! Jangan pernah mengusap layar dengan arah yang tidak beraturan.
  1. Apabila Anda menggunakan air, jangan sampai menggunakannya terlampau banyak, beri sedikit saja pada ujung kain.
  2. Setelah Anda mengusapnya dengan kain yang sedikit basah, langkah terakhir yaitu usap layar dengan bagian lain dari kain yang kering.
  3. Selesai sudah.
Cukup mudah bukan?
Semoga tips tersebut bermanfaat, sehingga layar touch screen Anda akan selalu bersih dan tentunya tetap dalam keadaan yang baik dan tidak rusak.

Sumber: Blog nuryan79

0 komentar:

Posting Komentar