Sabtu, 22 Februari 2014

BBM Voice pada iOS dan Android: Bisa Telepon Gratis di 2014

Di bulan Oktober tahun 2013 yang lalu, BBM (BlackBerry Messenger) untuk sistem operasi iOS dan Android resmi dirilis. Keunggulan menarik yang dijanjikan pihak RIM (produsen BlackBerry) adalah bahwa aplikasi pesan instan itu bisa digunakan untuk voice call. Namun, janji itu sepertinya terlalu lama untuk bisa tereralisir dan pecinta BBM diharuskan sabar menunggu kedatangan fitur tersebut.

Fitur yang diberi nama BBM Voice itu memungkinkan pengguna BBM melakukan panggilan suara secara gratis ke pengguna BBM lainnya melalui penggunaan jaringan WiFi. Namun, waktu itu BlackBerry belum merinci kapan tepatnya BBM di iOS dan sistem operasi Android akan kebagian BBM Voice. Pengguna BB di Android dan iOS sepertinya juga cukup sabar menunggu janji fitur tersebut dari BlackBerry.

Berdasar berita terbaru dari PhoneArena, BBM Voice dijadwalkan akan berfungsi dalam aplikasi BBM pada Android dan iOS di awal tahun 2014. Fitur itu sekarang masih tersedia pada aplikasi BBM di sistem operasi BlackBerry sendiri. Di samping BBM Voice, fitur-fitur andalan lain dari BBM versi BlackBerry juga akan turut diterapkan ke platform Android dan iOS, termasuk BBM Channel yang baru saja disertakan pada sistem operasi BlackBerry 10 pada akhir bulan November lalu.
Selain BBM Voice, fitur BBM Channel yang juga menjadi andalan BlackBerry merupakan sebuah komunitas di BBM dimana mampu membuat pengguna bisa berkumpul dengan pengguna lain dalam satu grup dengan minat yang sama. Dengan melebarkan sayap ke Android dan iOS, BlackBerry mampu menjangkau jutaan di seluruh dunia pengguna di kedua sistem operasi tersebut. Meski sebenarnya pelebaran sayap itu merupakan keputusan tersulit bagi BlackBerry sendiri.

Nantinya, banyak fitur tambahan pada BBM yang akan dibawa ke sistem operasi Android dan iOS, seperti Glympse (mengizinkan pengguna untuk menemukan di mana teman BBM sedang berada), layanan dropbox (yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan file dari cloud), BBM Video, yang tidak lain adalah aplikasi video chat, serta update lainnya mencakup penambahan emoticon serta beberapa opsi sharing tambahan. Tamban fitur ini diharapkan BBM bisa lebih banyak penggunanya, dan memperkokoh ekosistem bisnis perusahaan BlackBerry itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar